Fitur Router di Packet Tracer

Nama/Kelas
Sekolah
Guru
Mata Pelajaran
Aldi Sidiq/XI TKJ 2
SMKN 13 Bandung
Ibu.Rita Hartati
Bpk.Atep
AIJ


Tujuan 
Dapat memahami kegunaan dari router dan cara kerjanya


Konsep dasar 

Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.



Cara Kerja 

Router bekerja dengan cara merutekan paket atau data informasi, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskannya kepada jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampa terkirim ke tujuan.



Router di Packet Tracer




Di Packet tracer terdapat beberapa fitur router yang berbeda yaitu 3 diantaranya :
1. Router 1841
2. Router 1941
3. Router PT

dari kelima router diatas terdapat penjelasannya sebagai berikut.

1. Router 1841


Cisco 1841 Router Pelayanan Terpadu memberikan dua 10/100 (100BASE-TX) port tetap Ethernet, dua WAN Kecepatan Tinggi Interface Card (HWIC) slot terintegrasi yang kompatibel dengan WAN Card Interface (WICs) dan Voice / WAN Interface Cards (VWICs ), dan satu intern Lanjutan Integrasi Modul (AIM) Slot.

- HWIC-2T adalah Cisco 2-Port Serial High-Speed ​​WAN Interface Card, menyediakan 2 port serial.

- HWIC-4ESW menyediakan empat port switching


- HWIC-8A menyediakan hingga delapan koneksi EIA-232 asinkron ke port konsol


- HWIC-AP-AG-B adalah Kartu Antarmuka WAN High-Speed ​​yang menyediakan fungsionalitas Access Point terintegrasi di Cisco 1800 (Modular), Cisco 2800, dan Cisco 3800 Integrated Services Routers. Ini mendukung radio Single Band 802.11b / g atau Dual Band 802.11a / b / g.

- WIC-1AM dilengkapi konektor RJ-11 ganda, yang digunakan untuk koneksi layanan telepon dasar. WIC-1AM menggunakan satu port untuk koneksi ke saluran telepon standar, dan port lainnya dapat dihubungkan ke telepon analog dasar untuk digunakan saat modem dalam keadaan idle.

- WIC-1ENET adalah kartu antarmuka Ethernet 10 port Mbps tunggal, untuk digunakan dengan LAN Ethernet 10BASE-T.


- WIC-1T menyediakan koneksi serial port tunggal ke situs remote atau perangkat jaringan serial warisan seperti konsentrator Synchronous Data Link Control (SDLC), sistem alarm, dan perangkat paket SONET (POS).


- Kartu WIC-2AM dilengkapi konektor RJ-11 ganda, yang digunakan untuk koneksi layanan telepon dasar. WIC-2AM memiliki dua port modem untuk memungkinkan beberapa koneksi komunikasi data




- Kartu antarmuka WAN interface dual-port (WICs) menampilkan konektor Smart Serial, Smart-high-density Smart Series yang baru, kompak untuk mendukung berbagai jenis antarmuka listrik saat digunakan dengan kabel transisi yang sesuai. Dua kabel diperlukan untuk mendukung dua port pada WIC. Setiap port pada WIC adalah antarmuka fisik yang berbeda dan dapat mendukung protokol yang berbeda seperti protokol Point-to-Point (PPP) atau Frame Relay dan Data Terminal Equipment / Data Communications Equipment (DTE / DCE)



- Pelat penutup WIC memberikan perlindungan untuk komponen elektronik internal. Ini juga membantu menjaga pendinginan yang memadai dengan menormalkan aliran udara.

2. Router 1941
Cisco 1941 Router Pelayanan Terpadu (ISR) memberikan data yang sangat aman, mobilitas, dan layanan aplikasi. Fitur utama termasuk dua integrasi 10/100/1000 Port Ethernet, ditingkatkannya slot Kecepatan Tinggi WAN Interface Card, slot HWIC1 internal Services module, Sepenuhnya distribusi daya terintegrasi untuk mendukung modul 802.3af Power over Ethernet (PoE) dan Cisco Ditingkatkan PoE.

- HWIC-2T adalah Cisco 2-Port Serial High-Speed ​​WAN Interface Card, menyediakan 2 port serial.


-The HWIC-4ESW menyediakan empat port switching.


-HWIC-8A menyediakan hingga delapan koneksi EIA-232 asinkron ke port konsol.


- WIC-Cover
memberikan perlindungan untuk komponen elektronik internal. Ini juga membantu
menjaga pendinginan yang memadai dengan menormalkan aliran udara


 3. Router PT


1. PT-ROUTER-NM-1AM dilengkapi konektor RJ-11 ganda, yang digunakan untuk koneksi layanan telepon dasar. WIC-1AM menggunakan satu port untuk koneksi ke saluran telepon standar, dan port lainnya dapat dihubungkan ke telepon analog dasar untuk digunakan saat modem dalam keadaan idle

2. PT-ROUTER-NM-1CE memiliki satu port Ethernet yang dapat menghubungkan tulang punggung LAN yang juga dapat mendukung enam koneksi PRI ke jalur ISDN agregat, atau 24 port sinkron / asinkron

3. Modul PT-ROUTER-NM-1CFE menyediakan satu antarmuka Fast-Ethernet untuk digunakan dengan media tembaga. Ideal untuk berbagai aplikasi LAN, modul jaringan Fast Ethernet mendukung banyak fitur dan standar internetworking. Modul jaringan port tunggal menawarkan autosensing 10 / 100BaseTX atau 100BaseFX Ethernet. Versi TX (copper) mendukung penyebaran LAN virtual (VLAN).

4. Modul Cisco Gigabit Ethernet Network single-port (nomor komponen PT-ROUTER-NM-1CGE) menyediakan konektivitas tembaga Gigabit Ethernet untuk router akses. Modul ini didukung oleh router Cisco 2691, Cisco 3660, Cisco 3725, dan Cisco 3745 series. Modul jaringan ini memiliki satu slot konverter antarmuka gigabit (GBIC) untuk membawa tembaga standar atau optik Cisco GBIC.

5. Modul PT-ROUTER-NM-1FFE menyediakan satu antarmuka Fast-Ethernet untuk digunakan dengan media serat. Ideal untuk berbagai aplikasi LAN, modul jaringan Fast Ethernet mendukung banyak fitur dan standar internetworking. Modul jaringan port tunggal menawarkan autosensing 10 / 100BaseTX atau 100BaseFX Ethernet

6. Modul Cisco Gigabit Ethernet Network single-port (nomor komponen PT-ROUTER-NM-1FGE) menyediakan konektivitas tembaga Gigabit Ethernet untuk router akses. Modul ini didukung oleh router Cisco 2691, Cisco 3660, Cisco 3725, dan Cisco 3745 series. Modul jaringan ini memiliki satu slot konverter antarmuka gigabit (GBIC) untuk membawa tembaga standar atau optik Cisco GBIC

7. PT-ROUTER-NM-1S menyediakan koneksi serial port tunggal ke situs remote atau perangkat jaringan serial warisan seperti konsentrator Synchronous Data Link Control (SDLC), sistem alarm, dan perangkat paket SONET (POS).

8. Kartu antarmuka WAN interface dual-port (WICs) menampilkan konektor Smart Serial, Smart-high-density Smart Series yang baru, kompak untuk mendukung berbagai jenis antarmuka listrik saat digunakan dengan kabel transisi yang sesuai. Dua kabel diperlukan untuk mendukung dua port pada WIC. Setiap port pada WIC adalah antarmuka fisik yang berbeda dan dapat mendukung protokol yang berbeda seperti protokol Point-to-Point (PPP) atau Frame Relay dan Data Terminal Equipment / Data Communications Equipment (DTE / DCE)

Kesimpulan
Router memiliki kemampuan pengalamatan tujuan dari data yang dikirim, jika switch menggunakan MAC address, router menggunakan IP address dan router dapat menghubungkan 2 jaringan yang berbeda

Daftar Pustaka
http://woocara.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-router-fungsi-router-dan-cara-kerja-router.html
http://cikiprettcikiciki.blogspot.co.id
http://komputerelektro.blogspot.co.id/2015/01/letak-router-pada-layer.html






Fitur Router di Packet Tracer Fitur Router di Packet Tracer Reviewed by Blogku on Agustus 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.