Bandwidth

Definisi bandwidth digital dan analog
Bandwidth digital, yaitu volume ataupun jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit per second) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.


Bandwidth analog, yaitu merupakan suatu perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Perbedaan Internet up to &  Internet Shared dedicated

Internet Up To  kecepatan aksesnya kadang naik turun (tidak stabil) tergantung trafiknya. Semakin padat trafiknya semakin lemot dan sebaliknya. Kemungkinan mendapat speed maksimal biasanya pada malam hari karena trafiknya tidak sepadat siang hari. Misal Anda berlangganan 3 Mbps tapi ketika Anda cek speednya di speedtest.net, speednya antara 1-2 Mbps. Itu dikarenakan trafiknya sedang padat, coba Anda test lagi ketika tengah malam, pasti speednya akan naik antara 2-3 Mbps. Harga paketnya pun relatif murah.

Shared Dedicated kecepatan koneksi yang diberikan oleh ISP lebih terjamin yaitu sesuai dengan kontrak. Jika anda membeli kecepatan koneksi tertentu, misalnya 3 Mbps, untuk dipakai sendirian maka anda dijamin (secara relatif) mendapatkan kecepatan sebesar itu. Harga paketnya pun lebih mahal daripada paket internet up to dikarenakan kecepatannya lebih stabil.

Logikanya begini, ibarat melewati sebuah jalan menuju ke suatu tempat. Ketika Anda melewati jalan A (Up To) maka jalan tersebut juga dipakai pengguna jalan lain sehingga waktu yang ditempuh untuk mencapai lokasi tergantung lalu lintasnya padat atau tidak. Sedangkan ketika Anda melewati jalan B (Dedicated) ibarat Anda melewati jalan pintas yang hanya diketahui oleh Anda sehingga waktu yang ditempuh juga lebih cepat.

QOS

Quality of Service (QoS) adalah kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang baik dengan menyediakan bandwith, mengatasi jitter dan delay. Parameter QoS adalah latency, jitter, packet loss, throughput, MOS, echo cancellation dan PDDQoS sangat ditentukan oleh kualitas jaringan yang digunakan. Terdapat beberapa factor yang dapat menurunkan nilai QoS, seperti : Redaman, Distorsi, dan Noise.



Beberapa jenis trafik dalam telekomunikasi


QoS didesain untuk membantu end user (client) menjadi lebih produktif  dengan memastikan bahwa user mendapatkan performansi yang handal dari aplikasi-aplikasi berbasis jaringan. QoS mengacu pada kemampuan jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baik pada trafik jaringan tertentu melalui teknologi yang berbeda-beda. QoSmerupakan suatu tantangan yang besar dalam jaringan berbasis IP dan internet secara keseluruhan. Tujuan dari QoS adalah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan layanan yang berbeda, yang menggunakan infrastruktur yang sama. QoS menawarkan kemampuan untuk mendefinisikan atribut-atribut layanan yang disediakan, baik secarakualitatif maupun kuantitatif.



Ilustrasi antrian pengiriman informasi dalam telekomunikasi


Daftar Pustaka

Bandwidth Bandwidth Reviewed by Blogku on November 13, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.