PABX Topologi | Pengertian | Tipe-tipe | Fungsi & Manfaat

Topologi PABX


Pengertian
PABX atau PBX atau Private Automatic Branch Exchange[1] adalah perangkat penyambungan komunikasi telepon atau interpon/intercom yang terletak di sisi pelanggan, misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan satuan sambungan telepon. Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik, seperti PTT Telkom.
Ukuran atau parameter PABX dalam kapasitas jumlah jalur telkom yang tersambung ke PABX dan jumlah cabang, mulai yang kapasitas satuan, puluhan, ratusan maupun ribuan cabang.
Saat ini, PABX telah mengaplikasikan teknologi Internet Protocol (IP) sehingga disebut IP PBX.

Tipe-tipe PABX

1. PABX Digital

PABX Digital adalah PABX yang mempergunakan pesawat telphone digital untuk extensionnya
dan beberapa fitur yang mendukung beberapa fitur :
                   -Conference call adalah panggilan secara bersamaan
                   -Party adalah hampir sama dengan Conference call
pesawat telephone digital hanya bisa di gunakan dengan PABX yang sama/sejenis

2. PABX Analog

PABX Analog adalah sentral yang bisa mendukung pesawat telephone biasa(seperti yang ada di rumah rumah

3. PABX Hybrid

PABX Hybrid adalah jenis server telephone yang bisa menggunakan telephone digital maupun analog pada port extensionnya

4. IP PBX

Trend teknologi ke depan adalah berbasis IP, maka dari itu ke globalnya, kemudahannya dan ke efisienannya. Teknologi PBX di haruskan juga kea rah IP dengan alas an akan memudahkan semua perusahaan dalam memigrasikan sistemnya, suatu saat nanti selanjutnya adalah ilustrasi jaringan yang berbasis IP dan pesawat telphone Analog,Digital.

Fungsi Dan Manfaat Pemasangan PABX di perusahaan 

1. Dengan PABX suatu perusahaan cukup menggunakan satu atau beberapa nomer telpon saja sebagai sentral yang dapat mengarahkan sambungan masuk pada tujuan suatu divisi / person dengan kode extentions tertentu (Hemat Line Telpon).
2. Setiap panggilan telpon masuk sebelum diarahkan ke tujuan extentions tertentu dapat diperdengarkan “Greeting Otomatis” dengan PABX
3. Satu nomer telpon faximili kantor, dengan PABX dapat diarahkan pada satu mesin fax atau bahkan ke beberapa mesin fax kantor.
4. PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar (Call Loging), Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.
5. PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga dapat melakukan conference call menggunakan PABX.

Daftar pustaka
http://platinum-computer.com/pabx-private-automatic-branch-exchange-voice-solution/
http://sim-web.blogspot.co.id/2012/09/materi-pabx.html?m=1

https://id.m.wikipedia.org/wiki/PABX
PABX Topologi | Pengertian | Tipe-tipe | Fungsi & Manfaat PABX Topologi | Pengertian | Tipe-tipe | Fungsi & Manfaat Reviewed by Blogku on November 06, 2017 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.